Pola Laporan Hasil Observasi Sma
Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) ialah teks yang berisi info umum atau melaporkan suatu hasil pengamatan (observasi). Teks LHO bersifat kasatmata karena berdasarkan fakta yang ada dan tidak dibuat-buat.
Kali ini aku akan menunjukkan Contoh Laporan Hasil Observasi dengan tema Penghapusan Mata Pelajaran TIK di Sekolah. Kita tahu bahwa pelajaran TIK sudah mulai hilang di sekolah-sekolah di Indonesia, alasannya bawah umur zaman kini sudah sangat paham wacana adanya teknologi. Mereka sudah biasa memakai teknologi tersebut. Namun, apakah teknologi tersebut sudah bisa dimanfaatkan untuk aktivitas yang konkret ? Saya rasa pelajaran TIK masih dibutuhkan untuk menyebarkan minat siswa terhadap teknologi agar siswa bisa lebih mengenal jauh ihwal pemanfaatan teknologi untuk periode depan yang lebih baik.
Berikut Laporan Hasil Observasi yang aku buat;
Jawaban dari narasumber :
1. Menurut aku penting.
2. Sudah.
3. Mengetik, berinternet, dan bermain game.
4. Sedikit tahu.
5. Tidak tahu.
6. Kita bisa mengenal lebih dekat perihal komputer dan Internet, kita bisa mencar ilmu menciptakan website atau aplikasi, dan kita mampu menggunakan software untuk menunjang kegiatan.
7. Teknologi Informasi dan Komunikasi akan memudahkan kita ketika melakukan acara. Contohnya, dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran di kelas memunculkan imbas positif mirip aktivitas berguru menjadi lebih efektif dan efisien.
8. Menurut saya, pelajaran TIK seharusnya tidak dihapus. Karena, penting bagi kita untuk bisa mengetahui lebih jauh wacana teknologi.
9. Siswa kurang mengerti ihwal dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi.
10. Pelajaran TIK bisa dijadikan sebagai ekstrakulikuler.
Kali ini aku akan menunjukkan Contoh Laporan Hasil Observasi dengan tema Penghapusan Mata Pelajaran TIK di Sekolah. Kita tahu bahwa pelajaran TIK sudah mulai hilang di sekolah-sekolah di Indonesia, alasannya bawah umur zaman kini sudah sangat paham wacana adanya teknologi. Mereka sudah biasa memakai teknologi tersebut. Namun, apakah teknologi tersebut sudah bisa dimanfaatkan untuk aktivitas yang konkret ? Saya rasa pelajaran TIK masih dibutuhkan untuk menyebarkan minat siswa terhadap teknologi agar siswa bisa lebih mengenal jauh ihwal pemanfaatan teknologi untuk periode depan yang lebih baik.
Berikut Laporan Hasil Observasi yang aku buat;
LAPORAN HASIL OBSERVASI
Dampak Penghapusan Mata Pelajaran TIK di Sekolah
Disusun Oleh :
Romadhon
X MIPA 2
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Mata Pelajaran TIK (Teknologi Informasi Komunikasi dan Komunikasi) mulai diperkenalkan pada Kurikulum 2006 atau KTSP. Sejak waktu itu, TIK dijadikan Mata Pelajaran Wajib di Sekolah. Namun, pada Kurikulum 2013 pelajaran TIK dihapus oleh pemerintah. Dengan adanya pelajaran TIK, Siswa akan lebih mengenal wacana komputer, dan mampu memanfaatkannya untuk menunjang acara siswa dalam hal berguru. Pada abad sekarang, kegiatan yang berkaitan dengan TIK berkembang begitu cepat. TIK sudah digunakan diberbagai bidang pekerjaan. Untuk itu, Siswa membutuhkan penguasaan terhadap Teknologi yang mampu diajarkan melalui pelajaran TIK di Sekolah.
B. Maksud dan Tujuan
1. Mengetahui apakah pelajaran TIK masih penting bagi siswa di Sekolah.
2. Mengetahui manfaat dari adanya pelajaran TIK di Sekolah.
3. Mengetahui efek negatif dari penghapusan Mata Pelajaran TIK di Sekolah
2. Mengetahui manfaat dari adanya pelajaran TIK di Sekolah.
3. Mengetahui efek negatif dari penghapusan Mata Pelajaran TIK di Sekolah
C. Rumusan Masalah
1. Apakah pelajaran TIK itu penting?
2. Apa manfaat pelajaran TIK bagi siswa Sekolah?
3. Apa imbas negatif dari peniadaan Mata Pelajaran TIK bagi siswa Sekolah?
2. Apa manfaat pelajaran TIK bagi siswa Sekolah?
3. Apa imbas negatif dari peniadaan Mata Pelajaran TIK bagi siswa Sekolah?
D. Hipotesa
- Pelajaran TIK masih penting, dan seharusnya tidak dihapus. Karena banyak siswa Sekolah yang belum mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi. Walaupun sudah mengenal, tetapi belum mampu memanfaatkannya dengan baik.
- Manfaat Pelajaran TIK di sekolah diantaranya semoga siswa Sekolah bisa mengenal dan memanfatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk hal yang baik, supaya siswa mengetahui sejarah dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, semoga siswa mampu mempelajari cara menciptakan website atau aplikasi yang berguna.
- Dampak negatifnya, yakni:
- Siswa hanya mengenal sedikit saja perihal Teknologi Informasi dan Komunikasi
- Siswa tidak mampu memanfaatkan teknologi untuk hal yang baik
- Siswa tidak siap untuk menghadapi abad depan yang hampir seluruh bidang pekerjaan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi,
BAB II
KAJIAN TEORI
A. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi dan komunikasi tersusun dari 3 (tiga) kata yang masing-masing mempunyai arti sendiri. Kata pertama, teknologi, berarti pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong insan menyelesaikan masalahnya. Istilah teknologi sering menggambarkan inovasi alat-alat gres yang memakai prinsip dan proses penemuan saintifik.
Kata kedua dan ketiga, yaitu gosip dan komunikasi, akrab kaitannya dengan data. Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Komunikasi yaitu suatu proses penyampaian berita (pesan, ilham, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain supaya terjadi hubungan saling menghipnotis di antara keduanya.
Kaprikornus mampu di sumpulkan bahwa teknologi berita dan komunikasi ialah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian isu dan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih usang penyimpanannya.
Kata kedua dan ketiga, yaitu gosip dan komunikasi, akrab kaitannya dengan data. Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Komunikasi yaitu suatu proses penyampaian berita (pesan, ilham, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain supaya terjadi hubungan saling menghipnotis di antara keduanya.
Kaprikornus mampu di sumpulkan bahwa teknologi berita dan komunikasi ialah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian isu dan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih usang penyimpanannya.
B. Peralatan TIK
- Komputer, yakni alat yang berkhasiat untuk mengolah data menjadi gosip berdasarkan mekanisme yang telah dirumuskan sebelumnya.
- Proyektor, yaitu alat untuk menayangkan isu yang berasal dari komputer atau media berita lain seperti DVD Player.
- Radio, yakni alat akseptor berita yang berasal dari stasiun pemancar berupa gelombang elektromagnet yang membawa info suara.
- Televisi, yakni alat akseptor isu yang berupa gambar dan bunyi. Televisi berasal dari kata tele (jauh) dan vision (tampak/visual).
- Internet, adalah korelasi antar komputer dalam suatu jaringan global yang memungkinkan setiap komputer saling bertukar isu.
- GPS (Global Positioning System), yaitu alat gosip berfungsi memilih letak, arah atau kecepatan benda yang berada di permukaan bumi.
- Faximile, adalah alat untuk mengirim dan mendapatkan dokumen melalui jalur telepon. Dokumen yang dikirim dengan faximile sama persis dengan dokumen orisinil.
- Satelit komunikasi, yaitu benda buatan manusia yang diletakkan di ruang angkasa untuk keperluan telekomunikasi termasuk internet.
- Telepon, adalah alat komunikasi berkhasiat untuk mengirim data suara melalui sinyal listrik.
- Handphone atau telepon seluler, adalah alat komunikasi bergerak untuk mengirim data suara. Telepon seluler memakai gelombang elektromagnet sebagai media penghantar.
- Modem, ialah perangkat keras yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal listrik yang dapat merambat melalui telepon, dan sebaliknya. Modem merupakan perangkat penting untuk mengakses Internet.
- Bidang Administrasi Perkantoran
- Bidang Telekomunikasi
- Bidang Hiburan
- Bidang Perbankan
- Bidang Lainnya
BAB III
PEMBAHASAN
Menurut hasil wawancara saya dengan sobat aku , mereka sudah bisa mengoperasikan komputer. Namun, hanya sebatas menyalakan atau mematikan komputer, berselancar di Internet, atau bermain permainan komputer. Mereka tidak mengetahui sejarah Komputer dan Internet. Mereka juga belum bisa memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk hal yang menguntungkan. Dalam pelajaran TIK kita mampu mempelajari sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi yang memiliki kegunaan untuk meningkatkan pengetahuan. Kita bisa mengetahui ihwal Internet dan tugas penting internet bagi kehidupan. Kita juga mampu mempelajari cara menciptakan website dan membuat aplikasi sederhana. Selain itu, pelajaran TIK juga dapat melatih siswa menjadi lebih aktif dan kreatif. Di masa kini ini, TIK memiliki tugas sangat banyak. TIK dalam dunia pemdidikan sangat diperlukan untuk memperlancar proses pembelajaran di kelas. Dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran di kelas memunculkan imbas nyata mirip aktivitas mencar ilmu menjadi lebih efektif dan efisien. Mereka beranggapan bahwa pelajaran TIK penting bagi kurun depan. Karena, pada saat bekerja, kita akan berhadapan dengan Teknologi dan kita harus mampu menguasainya. Menurut pendapat mereka, seharusnya pelajaran TIK tetap dipertahankan dan tidak dihapus.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari uraian diatas, mampu diambil kesimpulan bahwa pelajaran TIK di Sekolah tidak seharusnya dihapus, sebab pelajaran TIK mengajarkan bagaimana penguasaan teknologi untuk aktivitas yang bermanfaat mirip untuk mendukung sarana pembelajaran di kelas dan siswa dapat mencari hal atau sesuatu yang baru, mampu melatih siswa menjadi lebih aktif dan kreatif, dan siswa mengetahui bagaimana sejarah dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta siswa dapat menggunakannya untuk hal yang bermanfaat.
B. Saran
Pelajaran TIK seharusnya tidak dihapus. Tetapi, bila Pelajaran TIK terpaksa dihapus, Pelajaran TIK bisa dijadikan sebagai ekstrakulikuler.
C. Lampiran
Pertanyaan yang diajukan ke narasumber
1. Apakah pelajaran TIK di Sekolah itu penting?
2. Apakah Anda sudah bisa mengoperasikan komputer?
3. Apa yang biasa Anda lakukan menggunakan komputer?
4. Apakah Anda mengetahui sejarah komputer?
5. Apakah Anda mengetahui sejarah Internet?
6. Apa yang kita peroleh dari adanya pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi?
7. Bagaimana kegunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Anda?
8. Bagaimana pendapat Anda tentang dihapusnya pelajaran TIK di Sekolah?
9. Apa efek negatif dari peniadaan pelajaran TIK di Sekolah?
10. Apa solusi dari dihapusnya pelajaran TIK di Sekolah?
1. Apakah pelajaran TIK di Sekolah itu penting?
2. Apakah Anda sudah bisa mengoperasikan komputer?
3. Apa yang biasa Anda lakukan menggunakan komputer?
4. Apakah Anda mengetahui sejarah komputer?
5. Apakah Anda mengetahui sejarah Internet?
6. Apa yang kita peroleh dari adanya pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi?
7. Bagaimana kegunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Anda?
8. Bagaimana pendapat Anda tentang dihapusnya pelajaran TIK di Sekolah?
9. Apa efek negatif dari peniadaan pelajaran TIK di Sekolah?
10. Apa solusi dari dihapusnya pelajaran TIK di Sekolah?
Jawaban dari narasumber :
1. Menurut aku penting.
2. Sudah.
3. Mengetik, berinternet, dan bermain game.
4. Sedikit tahu.
5. Tidak tahu.
6. Kita bisa mengenal lebih dekat perihal komputer dan Internet, kita bisa mencar ilmu menciptakan website atau aplikasi, dan kita mampu menggunakan software untuk menunjang kegiatan.
7. Teknologi Informasi dan Komunikasi akan memudahkan kita ketika melakukan acara. Contohnya, dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran di kelas memunculkan imbas positif mirip aktivitas berguru menjadi lebih efektif dan efisien.
8. Menurut saya, pelajaran TIK seharusnya tidak dihapus. Karena, penting bagi kita untuk bisa mengetahui lebih jauh wacana teknologi.
9. Siswa kurang mengerti ihwal dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi.
10. Pelajaran TIK bisa dijadikan sebagai ekstrakulikuler.
Sekian dari saya, semoga bermanfaat 😃.
Jika ingin copas harap cantumkan Sumber nya. Terima Ksaih.
GANESA 3
No comments for "Pola Laporan Hasil Observasi Sma"
Post a Comment