Fungsi Pancasila

Fungsi pancasila sebagai ideologi negara

  1. Mempersatukan bagsa, memelihara dan mengukuhkan persatun dan kesatuan bangsa. Fungsi ini sangat penting bagi bangsa Indonesia alasannya mempersatukan masyarakat beragam yang sering terancam perpecahan
  2. membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia menuju tujuannya. Pancasila sebagai pemberi gambaran, motivasi, dan impian bangsa, serta menggerakan bangsa dalam melakukan pembangunan nasional dalam pengamalan pancasila
  3. Memberikan tekat untuk menngembangkan dan memeliharakan identitas bangsa.Pancasila memberi citra identitas bangsa Indonesia
  4. Menyoroti keadaan yang ada dan kritis terhadap upaya perwujudan cita" yang terkandung dalam pancasila tersebut. Pancasila menjadi ukuram untuk melakukan kritik mengenai keadaan bangsa dan negara

Pancasila sebagai ideologi terbuka

Pancasila sebagai idiologi terbuka adalah Pancasila merupakan ideologi yang bisa menyesuaikan diri dengan perkembagan jaman tanpa pengubahan nilai dasarnya. Gagasan mengenai pancasila sebagai ideologi terbuka mulai berkembang sejak tahun 1985. tetapi semangatnya sudah tumbuh sejak Pancasila itu sendiri ditetapkan sebagai dasar Negara. .
Indonesia menganut ideologi terbuka alasannya adalah Indonesia memakai sistem pemerintahan demokrasi yang didalamnya membebaskan setiap masyarakat untuk beropini dan melaksanakan sesuatu sesuai keinginannya masing-masing. Maka dari itu, ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka yakni yang paling tepat digunakan Indonesia.

    Selain itu, Pancasila memang mempunyai syarat sebagai ideologi terbuka,alasannya adalah:
     1. Memiliki nilai dasar yang bersumber pada masyarakat atau realita bangsa
         Indonesia  mirip Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan
         Keadilan.  Atau nilai-nilainya  tidak dipaksakan dari luar atau bukan pembe-
         berian negara.
     2. Memiliki nilai instrumental untuk melakukan nilai dasar, seperti UUD 45,
         UU, Peraturan-peraturan, Ketetapan MPR, DPR, dll      
     3. Memiliki nilai praksis yang merupakan pembagian terstruktur mengenai nilai instrumental. Nilai
         Praksis terkandung dalam kenyataan sehari-hari ialah bagaimana cara kita
         melakukan nilai Pancasila dalam hidup sehari-hari, seperti toleransi,
         gotong-royong, musyawarah, dll.
  • Pencasila sebagai ideologi negara. Ideologi dapat dibedakan menjadi dua pengertian, yaitu ideologi dalam arti luas dan ideologi dalam arti sempit. Dalam arti luas, ideologi mengambarkan sebagai pemikiran hidup di semua segi kehidupan, baik eksklusif maupun umum. Sedangkan dalam arti sempit, pertanda sebagai fatwa hidup dalam bidang tertentu, misalnya sebagai ideologi negara. Ideologi negara merupakan ideologi secara umum dikuasai warga negara ihwal nilai-nilai dasar negara yang ingin diwujudkan melalui kehidupan negara itu. pancasila adalah ideologi negara, ialah gagasan mendasar mengenai bagaimana hidup bernegara. Sebagai ideologi bangsa Indonesia, Pancasila sebagai ikatan budaya (cultural bond) yang berkembang secara alami dalam kehidupan masyarakat Indonesia, bukan secara paksaan.

Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara, yakni:

  1. Memperkokoh persatuan bangsa sebab bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragam.
  2. Mengarahkan bangsa Indonesia menuju tujuannya dan menggerakan serta membimbing bangsa Indonesia dalam melakukan pembangunan.
  3. Memelihara dan membuatkan identitas bangsa dan sebagai dorongan dalam pembentukan abjad bangsa berdasarkan Pancasila.
  4. Menjadi standar nilai dalam melaksanakan kritik mengenai keadaan bangsa dan negara.

Pancasila sebagai sebuah ideologi memiliki tiga dimensi, yakni:

  1. Dimensi Realita, artinya nilai-nilai dasar yang ada pada ideologi itu mencerminkan kenyataan hidup yang ada di dalam masyarakat di mana ideologi itu muncul untuk pertama kalinya.
  2. Dimensi Idealisme, artinya kualitas ideologi yang terkandung dalam nilai dasar itu bisa memperlihatkan impian kepada banyak sekali kelompok dan masyarakat tentang kala depan yang lebih baik.
  3. Dimensi Fleksibilitas, artinya kemampuan ideologi dalam mempengaruhi dan mengikuti keadaan dengan perkembangan masyarakatnya.

No comments for "Fungsi Pancasila"